Mengapa Menjadi Wirausahawan ???

Posted: Maret 9, 2008 in Kewirausahaan

Tidak ada sekolah untuk mendidik orang menjadi wirausahawan. Di sekolah bisnis sekalipun, tidak pernah diajarkan orang menjadi pengusaha. Kalau soal bagaimana mengelola bisnis yang sudah ada, barulah sekolah bisnis sedikit berperan. Sebabnya adalah berbisnis itu soal keputusan, niat, keberanian, berhitung dengan cermat dan berani mengambil keputusan serta penuh perhitungan dalam menghadapi segala peluang. Menjadi wirausahawan itu mudah, tetapi yang sulit itu menjadi wirausahawan baru.

Kewirausahaan (entrepreneurship) muncul apabila seseorang individu berani mengembangkan usaha-usaha dan ide-ide barunya. Proses kewirausahaan meliputi semua fungsi, aktivitas dan tindakan yang berhubungan dengan perolehan peluang dan penciptaan organisasi usaha (Suryana, 2001). Esensi dari kewirausahaan adalah menciptakan nilai tambah di pasar melalui proses pengkombinasian sumber daya dengan cara-cara baru dan berbeda agar dapat bersaing. Menurut Zimmerer (1996:51), nilai tambah tersebut dapat diciptakan melalui cara-cara sebagai berikut:

·      Pengembangan teknologi baru (developing new technology)

·      Penemuan pengetahuan baru (discovering new knowledge)

·      Perbaikan produk (barang dan jasa) yang sudah ada (improving existing products or services)

·      Penemuan cara-cara yang berbeda untuk menghasilkan barang dan jasa yang lebih banyak dengan sumber daya yang lebih sedikit (finding different ways of providing more goods and services with fewer resources)

Walaupun di antara  para ahli ada yang lebih menekankan  kewirausahaan pada peran pengusaha kecil, namun sifat inipun sebenarnya dimiliki oleh orang-orang  yang berprofesi di luar wirausahawan. Jiwa kewirausahaan ada pada setiap orang yang menyukai perubahan, pembaharuan, kemajuan dan tantangan, apapun profesinya.

Komentar
  1. indrakusanagi mengatakan:

    berwirausaha adalah salah satu bentuk usaha baru yang mungkin bisa membuat negara indonesia ini semakin maju dan tidak terpuruk oleh pesatnya kemajuan jaman. tetapi menjadi wirausaha itu gampang-gampang susah…karena tidak hanya membutuhkan kemampuan/skill tapi juga membutuhkan niat yang sungguh-sungguh serta kreativitas yang tinggi serta berjiwa pembaharu sehingga dapat menciptakan sesuatu yang baru yang belum pernah ada,sehingga dapat memberikan kesejahteraan bagi dirinya dan orang banyak serta memberi nilai tambah kepada produk yang ia ciptakan.

  2. ike mengatakan:

    Menjadi seorang wirausaha adalah tidak sulit, ini hanya soal keputusan niat yang terorganisir dengan baik dan terencana sehingga dapat direalisasikan menjadi tindakan nyata. jika di negara kita 20 persen dari masyarakatnya menjadi wirausahawan maka diagram segitiga akan menjadi persegi empat, artinya kemiskinan berkurang,semua masyarakat miskin menjadi masyarakat tingkat menengah.

  3. Desi mengatakan:

    Iya nih mwnya da sekolah yg kek begitu,,, coz q dah coba jadi wirausahawan tp gulung tikar ja hehe…

  4. Dahli mengatakan:

    Assalamu’alaikum Pak Rony
    Setuju pak, Jiwa entrepreneurship tidak bisa muncul tiba-tiba dalam diri seseorang, dibutuhkan sebuah proses dimana seseorang sebagai calon entrepreneur harus dikenalkan pada seluk beluk dunia usaha, dengan demikian naluri bisnisnya akan terasah. Dari situ akan dapat menagkap peluang-peluang usaha yang ada. berbekal pemahaman yang cukup, keberanian dan perencanaan yang matang, Insya Allah menjadi entrepreneurship bukan sesuatu yang sulit dilakukan.

    • denrony mengatakan:

      Terima Kasih Pa Dahli, semoga dengan tulisan ini semakin banyak orang yang termotivasi untuk menjadi seorang wirausahawan, dan tentunya membantu pemerintah untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik lagi.

  5. adjie501ers mengatakan:

    pak masuk ke http://www.adjie501ers.wordpress.com ya masih butuh panduan neh..maklum baru pertama kali nge blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s